Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Bosnia Siap Buru Tiket Euro 2016 di Irlandia

Topbola.net – Masih adanya harapan untuk bisa turut tampil diajang Euro 2016 Prancis tahun depan, membuat Bosnia Herzegovina bertekad untuk memburu peluang tersebut agar dapat lolos ke pentas sepakbola antar negara di Eropa itu pertama kalinya.

Bosnia merupakan negara yang baru saja merdeka pada tahun 1992 silam, melihat angka tahun yang masih tergolong baru, negara asal bomber AS Roma Edin Dzeko itu praktis tak memiliki sejarah panjang dalam sepakbola Eropa dan dunia. Maka jika Hongaria baru saja mengakhiri puasa 44 tahun tak tampil di Piala Eropa, Bosnia masih memburu tiket untuk keikutsertaannya yang pertama di turnamen itu.

Optimisme Bosnia sepatutnya tinggi. Mereka sebelumnya sudah berhasil lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama di Brasil tahun 2014 kemarin. Meski hanya terhenti di fase grup, namun setidaknya hal itu jadi momentum yang bagus untuk skuat berjuluk ‘Si Naga’ ini.

Hanya saja pintu kelolosan saat ini memang terbuka tak terlalu lebar. Mereka cuma bermain imbang 1-1 kala menjamu Republik Irlandia di laga leg pertama play-off Piala Eropa 2016. Dengan hasil itu, Irlandia jelas lebih diuntungkan karena cuma butuh hasil imbang tanpa gol di Dublin, Selasa (17/11/2015) dinihari WIB nanti, untuk lolos ke Prancis tahun depan.

Bosnia tak menyangkal duel nanti bakal berat, tapi mereka tak akan melepaskan begitu saja kesempatan untuk mengakhiri penantian tampil di putaran final Piala Eropa. Gelandang Miralem Pjanic ingin pulang dengan kabar baik untuk masyarakat Bosnia.

“Tidak ada perbedaan besar antara 0-0 dan 1-1, sungguh. Kami harus pergi ke Irlandia untuk mencoba mencetak gol, jadi situasinya sama sekali tidak banyak berubah. Kami akan melakukan yang terbaik,” katanya di situs resmi AS Roma, yang merupakan klubnya.

“Tentu saja seluruh negeri berharap kami lolos dan itulah sebabnya kami sangat termotivasi. Kami akan berjuang sampai detik terakhir untuk lolos dan membuat semua orang bangga dengan kami. Kami tahu akan ada banyak tekanan di Dublin.”

“Pastinya ada penonton yang bergairah dan stadion yang penuh. Ditambah lagi Republik Irlandia adalah tim yang sangat tangguh, yang seperti kami, juga ingin lolos. Ini akan jadi laga yang benar-benar sulit,” tambahnya.

Pada saat ini, Bosnia termasuk salah satu tim yang memiliki skuad cukup baik untuk level Eropa. Mereka punya pemain-pemain seperti Asmir Begovic, Pjanic, Mohamed Besic, Senad Lulic, Emir Spahic, Vedad Ibisevic, dan Edin Dzeko.