Bonek FC Mogok Ditengah Laga, Sriwijaya FC ke Semifinal

Topbola.net – Tim yang sebelumnya menggunakan nama Persebaya United (Bonek FC) lebih memilih kalah dengan status walk out  kala menghadapi tuan rumah Sriwijaya FC pada leg kedua babak 8 besar Piala Presiden di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/9) sore WIB.

Hasil tersebut akhirnya menjadikan Sriwijaya FC lah yang berhak memastikan diri lolos ke semifinal.

Hasil kalah WO sendiri diambil kubu Bonek FC karena mereka tidak terima dengan keputusan kontroversial wasit Jerry Elly, yang menghadiahi penalti untuk tim tuan rumah. Sebenarnya, sebelum insiden itu Bonek FC sudah unggul lebih dulu 1-0, lewat gol Ilham Udin Armaiyn pada menit kelima.

Alhasil laga pun terhenti, setelah wasit Jerry menganggap pemain Bonek FC melakukan hand-ball di kotak penalti. Padahal, berdasarkan tayangan ulang televisi, terlihat pemain Bonek FC tidak melakukan hand-ball.

Jerry pun telah melihat rekaman ulang dari kejadian itu, namun tetap tak bisa mengubah keputusannya untuk memberikan penalti kepada tim Laskar Wong Kito. Imbasnya, kiper Jendry Pitoy memilih untuk mogok bertanding.

Setelah ditunggu dan dilakukan negosiasi oleh pihak panitia penyelenggara dan pengawas pertandingan, Bonek FC tetap tak mengubah keputusan mereka.

“Tadi kan toleransi dikasih waktu lima menit aturannya. Tapi jajaran pelatih dan manajemen (Bonek FC) masih gak mau. Mereka mundur. Setelah mereka diberi kesempatan untuk melanjutkan pertandingan, tapi ditunggu-tunggu lebih dari waktu itu masih aja gak mau,” kata Abdullah, yang bertindak sebagai pengawas pertandingan.

Lebih lanjut, Abdullah menjelaskan keputusan wasit tidak bisa diganggu gugat. “Kami selaku PP tidak berhak menukar wasit sepanjang dia bisa memimpin pertandingan. Kecuali kalau dia menyatakan tidak sanggup,” jelasnya.

Keputusan final pun menyebutkan jika tuan rumah Sriwijaya FC dipastikan menang dengan skor 3-0 dan lolos ke semi-final. Pada leg pertama, mereka takluk dengan skor 1-0 dari Bonek FC, sehingga SFC lolos ke empat besar dengan kemenangan agregat 3-1.