Berikut Posisi Indonesia di Ranking FIFA Perbulan Oktober 2017

timnas Indonesia

Topbola.net Berita Bola, meski belum lama ini sepakbola Indonesia tengah dirundung duka menyusul meninggalnya salah satu kiper terbaik Tanah Air, Choiru Huda yang mengalami kecelakaan saat pertandingan antara Persela vs Semen Padang Kemarin. Namun ada sedikit berita yang cukup menggembirakan yang datang dari markas besar FIFA.

Ya, pihak federasi tertinggi sepakbola dunia itu belum lama ini telah resmi mengumumkan daftar terbaru ranking negara-negara peserta yang dihitung perbulan Oktober ini.

Dari pengumuman yang didapat diketahui jika posisi Indonesia di ranking FIFA pada bulan Oktober ini berada di nomor 165 dunia dengan 117 poin. Empat peringkat lebih baik daripada yang terjadi pada bulan September lalu.

Meski naik empat persingkat, namun untuk kawasan ASEAN Posisi Indonesia masih masuk dalam daftar terbawah dengan hanya berada di posisi ke-6, di bawah Filipina (116/272 poin), Vietnam (121/261 poin), Thailand (138/225 poin), Myanmar (155/166 poin), dan Laos (162/122 poin).

Dikutip dari Bola.net, Hasil ini tentu saja bukan karena menang di laga uji coba melawan Kamboja beberapa waktu lalu. Laga tersebut tidak masuk dalam kalender FIFA. Tapi, perhitungan poin dihitung berdasar pada performa Indonesia dalam empat tahun terakhir dan jumlah rata-rata poin selama 12 bulan terakhir.

Sementara itu, untuk posisi lima besar peringkat FIFA, tidak ada perubahan sama sekali. Jerman, Brasil, Portugal, Argentina dan Belgia masih perkasa di lima besar. Mereka juga sudah memastikan hadir di Piala Dunia 2018.

Spanyol membuat loncatan penting dengan berada di posisi ke-8, naik tiga tangga dibanding bulan September. Sementara, Peru juga menyodok ke posisi 10 besar setelah naik dua peringkat. Peru sendiri akan berjuang lolos ke Piala Dunia 2018 dari babak play off. (FIFA)