advertise

Barcelona Didera Krisis Finansial

Topbola.net – Raksasa La Liga Barcelona dikabarkan tengah mengalami permasalahn keuangan klub, hal tersebut  membuat klub asal Catalan itu diperkirakan bakal kesulitan dalam bersaing untuk mendapatkan pemain incrannya pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Sebelumnya El Blaugrana disebut-sebut sedang mengincar sejumlah pemain, seperti penyerang Celta Vigo, Nilito, dan bek Everton John Stones.

Dilansir oleh laman Dailymail, musim lalu Barcelona mendapatkan penghasilan kotor senilai 482 juta pound sterling atau setara dengan Rp 9,9 triliun. Namun jumlah itu dinilai tak seberapa mengingat gaji para pemain Barcelona yang juga ikut meroket setelah menerima bonus kemenangan di tiga kompetisi: Liga Spanyol, Piala Spanyol, dan Liga Champions.

Misalnya untuk menggaji Lionel Messi saja, Barcelona harus merogoh kocek hingga 14,8 juta pound sterling atau setara dengan Rp 306,9 miliar per tahun, termasuk bonus 2,8 juta pound sterling atau setara dengan Rp 58 miliar. Gaji pemain Barcelona saat ini diperkirakan mencapai 73 persen dari total pendapatan Barcelona. Persentase itu telah melampaui kebijakan penggajian yang dibuat Barcelona sendiri, dan jika tak segera diturunkan, akan membuat para petinggi klub berada dalam ancaman pemecatan dalam dua tahun ke depan.

Di sektor pendapatan, Barcelona juga belum mendapatkan sumber baru. Pembicaraan soal sponsor dengan Qatar Airways mentok karena Barcelona meminta peningkatan nilai kontrak menjadi 40 juta poundsterling atau setara dengan Rp 829,4 miliar per tahun.

Presiden Barcelona, Joseph Bartomeu, dan Wakil Presiden Bidang Marketing, Manel Arroyo, dikabarkan sudah membicarakan hal ini di Doha, Qatar, Oktober lalu. Namun mereka pulang dengan tangan hampa. Kontrak dengan Qatar Airways akan habis pada tahun depan.

Beban finansial Barcelona semakin berat karena mereka harus menabung untuk rencana renovasi kompleks Stadion Nou Camp dengan anggaran mencapai 423 juta pound sterling atau setara dengan Rp 8,77 triliun. Proyek ini akan dimulai dalam dua tahun dan diperkirakan akan memakan waktu hingga tujuh tahun.

Renovasi ini nantinya memang akan bisa menambah pendapatan Barcelona karena Nou Camp baru akan berkapasitas hingga 105 ribu tempat duduk. Mereka juga akan membangun stadion mini untuk tim Barcelona B di kompleks latihan mereka, dan lapangan basket akan dibangun di areal tempat stadion mini saat ini.

Meskipun mereka mendapatkan kontrak siar televisi hingga 99 juta pound sterling atau setara dengan Rp Rp 2,05 triliun per tahun, mereka masih kalah dalam hal iklan komersial dibanding klub-klub besar Inggris.

Dengan kondisi seperti itu, Barcelona diprediksi akan kesulitan untuk mendatangkan Nilito ataupun John Stones. Untuk mendatangkan Nilito, Barcelona akan bersaing dengan Arsenal dan diperkirakan klub asal Catalan itu tak akan mengeluarkan uang lebih dari 12 juta pound sterling atau setara dengan Rp 248,8 miliar.

Sedangkan untuk mendatangkan John Stones, Barcelona harus bersaing dengan Chelsea. Chelsea pada musim panas lalu sudah menawarkan 38 juta pound sterling atau setara dengan Rp 787,9 miliar untuk memboyong palang pintu tim nasional Inggris itu.

Barcelona bisa saja menggunakan gelandang Gerard Deulofeu yang kini bermain bersama Everton sebagai alat barter untuk memboyong John Stones. Barcelona memiliki klausa beli senilai 6,3 juta pound sterling terhadap gelandang yang menjadi andalan Everton musim ini. Namun nilai itu diperkirakan tak seberapa jika Chelsea berani menaikkan harga. (Dailymail)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =