Bambang Pamungkas Jadi Ikon Sepakbola Asia Baru Pilihan AFC

Bambang Pamungkas

Topbola.net Bambang Pamungkas, Ya siapa pecinta sepakbola Indonesia yang tak kenal dengan legenda sepakbola tanah air satu ini.

Berita bola terbaru menyebutkan jika penghargaan baru saja diberikan kepada pemain yang akran disepa Bepe itu setelah Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menunjuka sang pemilik jersey 20 sebagai ikon baru sepakbola Asia.

Dikutip dari media Goal.com, berdasarkan laporan dari laman resminya, AFC menceritakan sekilas perjalanan karier pemain yang akrab disapa Bepe itu, saat memperkuat klub maupun timnas Indonesia. Mulai dari berhasil membawa Persija juara Liga Indonesia 2001, bersama Selangor FA, hingga selalu gagal membawa timnas Indonesia juara di Piala AFF dan cuma menjadi topskor.

Selain itu, AFC juga menggambarkan performa heroik Bepe pada Piala Asia 2007, meski gagal membawa tim Garuda lolos dari fase grup. Pun dengan kiprah terakhirnya bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

“Meskipun gagal untuk mencetak gol, Bepe mencatatkan rekor 12 gol sepanjang mengikuti turnamen itu yang membuatnya masuk dalam daftar kelima topskor turnamen bersama legenda Thailand Kiatisuk Senamuang,” tulis AFC.

“Sejak gantung sepatu dari timnas, Pamungkas menghabiskan waktunya setahun bersama Pelita Bandung Raya (sekarang Madura United) sebelum akhirnya kembali ke Persija pada 2015.”

“Pada usia 37 tahun, striker ini melanjutkan kariernya bersama Persija, yang mana dia mampu melesakkan lebih dari 150 gol selama 18 tahun dalam empat periode. Seorang legenda sejati untuk klub dan negaranya, dan ikon Asia sejati,” pungkas keterangan dari laman resmi AFC. (Goal)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 4 =