AFF 2016: Indonesia Masuk Kelompok Tim Non-Unggulan

Topbola.net – Indonesia harus rela disebut tim non-unggulan pada ajang AFF Cup 2016 yang akan berlangsung pada 9 November sampai 17 Desember 2016 mendatang.

Dari berita yang dilansir Okezone.com. Skuat asuhan Alfred Riedl kini berada dipot empat yang merupakan kategori bagi tim-tim yang bukan unggulan.

Berada di pot empat membuat Indonesia berpotensi tergabung dengan negara-negara kuat macam Thailand dan Vietnam di fase Grup Piala AFF 2016. Undian fase grup turnamen yang mempertemukan antarnegara ASEAN itu bakal dilakukan pada 2 Agustus 2016.

Namun untungnya, Indonesia tidak harus menjalani babak kualifikasi. Sebelumnya, Indonesia dirumorkan bakal melewati babak kualifikasi sebelum tampil di fase grup. Negara-negara yang akan mengikuti babak kualifikasi ialah Brunei Darussalam, Timor Leste, Laos dan Kamboja.

Nantinya hanya satu negara atau juara kualifikasi yang bakal tampil di Fase Grup F Piala AFF 2016. Juara kualifikasi tersebut akan mendampingi Indonesia di pot empat.

Harapannya, Indonesia dapat meraih trofi Piala AFF untuk mengembalikan gairah sepakbola Tanah Air yang sempat lesu akibat Sanksi FIFA yang berlangsung selama satu tahun. Semenjak Piala AFF digelar pada 1996, prestasi terbaik Indonesia hanyalah finis di posisi dua.

Berikut ini pembagian pot atau unggulan di Piala AFF 2016:

  • Pot 1: Filipina dan Myanmar
  • Pot 2: Thailand dan Malaysia
  • Pot 3: Vietnam dan Singapura
  • Pot 4: Indonesia dan Juara Kualifikasi