raja365 hoki365 Advertisher1 Advertisher2 Advertisher3 Advertisher4

Ada Alasan La Liga Tak Gunakan Teknologi Garis Gawang

Topbola.net – Hanya tinggal La Liga Spanyol dari lima kompetisi top Eropa yang belum menggunakan teknologi garis gawang. Adapun alasan pihak La Liga sendiri menilai jika penerapan sistem pendeteksi gol modern tersebut dirasa sangatlah mahal.

Seperti diketahui jika teknologi garis gawang diperkenalkan dalam sepak bola untuk membantu tugas wasit dalam memutuskan apakah bola sudah positif melampauii garis gawang (terjadi gol) atau belum (tidak gol). Teknologi ini tercipta untuk mengurangi terjadinya gol kontroversi yang terjadi disetiap pertandingan seperti dimasa lalu.

Premier League telah mengaplikasikan teknologi garis gawang sejak musim 2013/2014. Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1 melakukan hal serupa mulai musim 2015/2016. Teknologi ini juga akan digunakan di Piala Eropa 2016 dan Copa America Centenario.

Akan tetapi, La Liga, kasta tertinggi Liga Spanyol, belum memakai teknologi itu. Mereka tetap mengandalkan pengamatan mata wasit dan dua hakim garis.

“Tidak, kami tidak akan memakainya. Butuh banyak uang untuk memilikinya,” ujar Presiden La Liga, Javier Tebas, dalam program Tiempo de Juego.

Teknologi garis gawang memang bukan teknologi murah. Sebagai gambaran, biaya penerapan teknologi ini di Premier League adalah sekitar 250 ribu poundsterling per stadion (sekitar Rp 5 miliar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =